| 2 komentar ]

Kemanusiaan

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional didirikan berdasarkan keinginan memberi pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka di dalam pertempuran, berupaya dalam kemampuan bangsa dan antar bangsa, mencegah dan mengatasi penderitaan sesama manusia. Palang Merah dan Bulan Sabit Merah menumbuhkan saling pengertian, persahabatan, kerjasama dan perdamaian abadi bagi sesama manusia.

Kesamaan

Palang Merah dan Bulan Sabit Merah tidak membuat perbedaan atas dasar kebangsaan, kesukuan, agama/kepercayaan tingkatan atau pandangan politik. Tujuannya semata-mata mengurangi penderitaan manusia sesuai dengan kebutuhannya dan mendahulukan keadaan yang paling parah.

Kenetralan

Agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihak, Palang Merah dan Bulan Sabit Merah tidak memiliki atau melibatkan diri di dalam pertentangnan politik, kesukuan, kepercayaan, atau ideology.

Kemandirian

Palang Merah dan Bulan Sabit Merah bersifat mandiri. Perhimpunan Nasional disamping membantu Pemerintahannya di bidang kemanusiaan, juga harus mentaati peraturan Negara, harus selalu menjaga otonominya sehingga dapat bertindak sejalan dengan prinsip-prinsip gerakan ini.

Kesukarelaan

Palang Merah dan Bulan Sabit Merah adalah gerakan pemberi bantuan sukarela yang tidak didasari oleh keinginan untuk mencari keuntungan apapun.

Kesatuan

Di dalam suatu Negara hendaknya hanya ada satu perhimpunan Palang Merah atau Bualan Sabit Merah yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan diseluruh wilayah.

Kesemestaan

Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional adalah bersifat semesta. Setiap lembaga dunia dan setiap perhimpunan yang menjadi anggotanya mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama di dalam menolong sesama manusia.

2 komentar

Anonim mengatakan... @ 4 April 2009 pukul 23.04

B0h kari akeh tulisane mlz mc0e,
Http://doel-gemoekzz.blogspot.com

Satwika Red Cross mengatakan... @ 6 April 2009 pukul 00.56

doel-gemoekzz: thank's mas komennya

Posting Komentar